Kunjungan Ibu Hamil Di Desa Kampung Apar

Kunjungan Ibu Hamil Di Desa Kampung Apar

Kunjungan Ibu Hamil Di Desa Kampung Apar

Kampung Apar –  Senin (21/10/19) Demi membuat nyaman calon ibu, Puskesmas Marunggi yang terletak di Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman memiliki kunjungan khusus pelayanan kesehatan untuk ibu hamil.

Kehadiran kunjungan untuk mengurangi rasa lelah saat bumil antre memeriksakan kandungan di puskesmas. Dalam kunjungan ini bidan Desa Kampung Apar, Vani afrianti dan Bidan Leni Gusti melakukan kunjungan pemeriksaan ibu hamil. Kunjungan Ini dilaksanakan di Kantor Desa kampung Apar.

Pemeriksaan kehamilan adalah serangkaian pemeriksaan yang dilakukan secara berkala dari awal kehamilan hingga proses persalinan untuk memonitor kesehatan ibu dan janin agar tercapai kehamilan yang optimal. Dalam bahasa program kesehatan ibu dan anak, kunjungan antenatal ini diberi kode angka K yang merupakan singkatan dari kunjungan. Pemeriksaan antenatal yang lengkap adalah K1 (1-12 minggu/TM I), K2 (12-28 mingggu/ TM II), K3 dan K4 (28-36 minggu/ TM III).

Kunjungan ibu hamil bertujuan untuk memfasilitasi hasil yang sehat dan positif bagi ibu maupun bayinya dengan jalan menegakkan hubungan kepercayaan dengan ibu, mendeteksi komplikasi-komplikasi yang dapat mengancam jiwa, mempersiapkan kelahiran dan memberikan pendidikan. Hal ini dapat meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran.(MM)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan