Pentingnya Rutin Membawa Balita ke Posyandu untuk Menjaga Tumbuh Kembangnya

  • Dec 07, 2022
  • adm-kampungapar
  • BERITA, KESEHATAN

Kegiatan POSYANDU balita & ibu hamil di Desa Kampung Apar bertempat di Gedung Serbaguna Desa kampung Apar, 7/12/2022, kegiatan ini rutin dilakukan setiap sebulan sekali setiap awal Minggu.

Ada banyak manfaat Posyandu yang belum disadari oleh para ibu. Dengan rutin datang ke Posyandu, tumbuh kembang anak selama masa keemasannya (0-5 tahun) akan terpantau dengan baik. Tidak hanya ditimbang dan diukur tinggi badannya, anak-anak akan diberikan asupan makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan. Selain itu, hari ini balita juga diberikan vitamin oleh tenaga kesehatan puskesmas marunggi.

Para ibu pun juga bisa berkonsultasi langsung dengan kader kesehatan dan/atau petugas kesehatan sehingga berbagai permasalahan kesehatan anak dapat segera terselesaikan dengan benar. Lebih dari itu, para ibu bisa berbagi pengalaman dengan ibu lainnya selama berada di Posyandu. Hal ini tentu akan berdampak sangat positif pada tumbuh kembang anak.

Selain itu tujuan POSYANDU yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya, agar dapat mencegah dan mengatasi masalah kehamilan, untuk membantu masalah gizi, masalah sosial dan untuk memberikan pendidikan penyuluhan dalam masalah persalinan dan nifas, cara menjaga diri agar tetap sehat dalam masa hamil, membantu wanita hamil dan keluarganya untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan juga penyuluhan tentang KB beserta meningkatkan kesadaran mereka tentang kemungkinan adanya komplikasi dalam kehamilan dan persalinan.