BSSA Kampung Apar

BSSA Kampung Apar
BSSA Kampung Apar

8/1/2020 BSSA atau yang disebut Bank Sampah Sahabat Alam yang terletak di Desa Kampung Apar merupakan program pemberdayaan oleh Dasa wisma Melati melalui pemanfaatan sampah dengan bank sampah. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan barang bekas, sampah dapur menjadi barang yang bernilai. Sampah-sampah yang awalnya dibuang, sekarang bisa bernilai jual dengan dipilah dan dipilih.

Lalu ibu-ibu mengumpulkan sampah di rumah masing-masing dan disetorkan setiap seminggu sekali atau bisa juga pihak BSSA yang melakukan penjemputan sampah dapur ibuk-ibuk dirumah. Sampah yang telah ditimbang kemudian ditulis di buku tabungan dan akan diambil sebelum lebaran dengan nominal sesuai sampah yang pernah dikumpulkan dalam bentuk uang yang telah ditukar dengan sampahatau bisa ditukar dengan sayur-sayuran. Selain itu sampah dapur maupun sampah yang lainnya juga bisa dijadikan sedekah untuk anak yatim dll.

Jika dilakukan dengan rajin kita akan belajar dari hal-hal kecil dan sepele serta menjadi penghasilan tambahan untuk kita semua dan menguntungkan masyarakat banyak. Contohnya saja sampah dapur yang kita jual ke BSSA ini bisa dijadikan magot, baik magot kering maupun magot basah, selain itu sisanya juga bisa dijadikan pupuk organik.

Admin (FY)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.


*