DESA KAMPUNG APAR FASILITASI PELATIHAN TANGGAP BENCANA

desa kampung apar fasilitasi tanggap bencana
desa kampung apar fasilitasi tanggap bencana

Kampung Apar – Pemerintahan Desa Kampung Apar memfasilitasi pelatihan tanggap bencana kepada masyarakat di gedung serbaguna, Kampung Apar Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Senin (05/08/2019). Kegiatan pelatihan tanggap bencana dilaksanakan selama 3 (tiga) hari berturut. Pelatihan ini diadakan untuk penanganan dan penyelamatan korban bencana serta diikuti oleh 30 orang relawan dari kalangan pemuda – pemudi Desa Kampung Apar.

Kepala Desa Kampung Apar, Bapak Yulianis mengatakan, kegiatan pelatihan tanggap bencana perlu dilakukan khususnya kepada regu penolong agar tersedia SDM kebencanaan yang berkualitas dan memadai. Wilayah Kota Pariaman termasuk dalam daerah rawan bencana, seperti Gempa yang terjadi pada tahun 2009.

BPBD Kota Pariaman, Bapak Dirmayanto, SE Kasi Kesiapsiagaan menjelaskan tentang bagaimana cara penanganan dan penyelamatan korban bencana untuk wilayah rawan bencana seperti Wilayah Kota Pariaman. Pelatihan tanggap bencana dibagi menjadi tiga jenis yaitu keterampilan water rescue atau penyelamatan air ini tentang kemampuan mendayung perahu karet dengan cepat dan efesien, proses penyelamatan korban  dan menyelam dalam air. Dapur umum menjadi kebutuhan pokok dalam menyediakan makanan bagi korban bencana. Pelatihan dapur umum ini  dijelaskan tentang konsep memasak yang cepat dengan menggunakan bahan bergizi dan layak untuk disajikan serta menggunakan peralatan memasak seadanya. Pemasangan tenda harus dilakukan dengan waktu cepat agar dapat mendirikan tenda darurat setelah terjadi bencana.

Dari pelatihan ini kami berharap, para relawan yang telah mengikuti pelatihan tanggap bencana  mampu dan sudah siap terjun kelapangan jika terjadi bencan alam. Serta dapat mensosialisasikan ilmu yang sudah diperoleh kepada masyarakat agar terciptanya masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana dengan melaksanakan evakuasi mandiri saat tanggap darurat. (MM)

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.


*