Deteksi Kanker Serviks Melalui Penyuluhan IVA Test

Deteksi Kanker Serviks Melalui Penyuluhan Iva Test
Deteksi Kanker Serviks Melalui Penyuluhan Iva Test

Kampung Apar –  Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim. Kanker ini salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia mencatat bahwa kanker serviks menempati peringkat kedua untuk jenis kanker yang paling banyak ditemui. Untuk itu Pemerintahan Desa Kampung Apar melalui Dana Desa melakukan deteksi dini melalui penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya Penyakit Kanker serviks.

Penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya Penyakit Kanker serviks ini diikuti oleh warga desa khususnya kaum hawa Kampung Apar pada jumat (05/07/2019) di Gedung Serbaguna. Dengan diadakan penyuluhan ini diharapkan kepada ibu–ibu yang hadir cepat tanggap dalam menghadapi keadaan seperti itu.

Cara mendeteksi kanker Serviks ini dapat melalui IVA Test . IVA Test adalah pemeriksaan leher rahim sebagai pendeteksi pertama. Untuk Itu, diharapkan kepada ibu-ibu agar proaktif dalam mengantisipasi penyakit ini  ungkap Rayhanny Narasumber dari Puskesmas Marunggi.

Kepala Desa Kampung Apar, Bapak Yulianis berharap dengan adanya penyuluhan IVA test ini  dapat mencegah dan menimimalisir penyakit kanker serviks pada warga Desa Kampung Apar.(MM)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply