Kegiatan Posyandu Lansia ke Rumah-Rumah Warga

Kegiatan Posyandu Lansia ke Rumah-Rumah Warga
Kegiatan Posyandu Lansia ke Rumah-Rumah Warga

26/10/2020.

Posyandu tidak hanya seputar kesehatan anak balita dan ibu hamil saja, tetapi juga seputar kesehatan orang lanjut usia (Lansia). Posyandu Lansia juga merupakan kebijakan pemerintah untuk pengembangan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta lanjut usia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial (Kementerian Kesehatan, 2010).

Kegiatan Posyandu Lansia ke Rumah-Rumah Warga
       Pengecekan tensi

Kader dan Bidan Desa Kampung Apar bekerjasama dengan Puskesmas dengan rutin setiap bulannya mengadakan kegiatan Posyandu Lansia di Desa Kampung Apar setiap bulannya. Posyandu lansia diadakan pemeriksaan gratis, tensi, cek kalau kepala pening pusing gitu, terus pemeriksaan denyut jantung dan juga penyuluhan seputar kegiatan lansia Biasanya kegiatan posyandu lansia ini diadakan di gedung serbaguna desa, akan tetapi karena situasi covid-19 ini kita melaksanakan posyandu lansia dengan cara pergi langsung ke rumah-rumah warga. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehata.

Kegiatan Posyandu Lansia ke Rumah-Rumah Warga

Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60 tahun keatas.
Tujuan Posyandu Lansia

Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :
a. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
b. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Admin (FY)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply