Musrenbang Desa Kampung Apar

Musrenbang Desa Kampung Apar
Musrenbang Desa Kampung Apar

Rabu (26/1/2022) Bertempat di gedung serbaguna Desa Kampung Apar menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANG DESA) usulan program kegiatan tahun 2023. Musrenbang Desa dihadiri oleh BAPPEDA Kota Pariaman, DPMD, Camat Pariman Selatan, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Dinas Perkim/LH, P3MD/PLD kecamatan pariaman selatan, PDB, Ketua BPD beserta anggota, ketua LPM, PKK desa kampung apar, ketua karang taruna beserta anggota, perangkat desa, kader desa, dubalang & barakai beserta tokoh masyarakat desa kampung apar.
Musrenbang Desa merupakan forum musyawarah perencanaan tahunan ditingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan pembangunan hasil musdus. Setelah itu, hasil musrenbang desa akan diusulkan ditingkat kecamatan.
Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 114 tahun 2014 tentang pedoman Pembangunan Desa, disebutkan bahwa Perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa.
Dalam sambutan Camat Pariaman Selatan M Farid Marwan, S.STP mengatakan, “pada musrenbang desa anggaran untuk usulan apa saja yang akan kita usulkan dari desa ketingkat kecamatan sebaiknya diupayakan dilaksanakan dari dana APBD ataupun APBN karena jika semua usulan keanggaran desa nantinya tidak akan mencapai”
Selanjutnya dalam sambutan BAPPEDA mengatakan, “Musrenbang desa ini sebagai forum/wadah/tempat mengusulkan ide-ide yang ada di desa ini sebagai wujud dari perencanaan partisipatif. Karena desa kampung apar merupakan bagian dari kota pariaman. Perencanaan harus sesuai dengan perencanaan daerah. Yaitu harus sinkron dengan visi misi kepala daerah kota pariaman saat ini. Dimana visi misi kota pariaman saat ini yaitu :
VISI
“PARIAMAN KOTA WISATA, PERDAGANGAN, JASA YANG RELIGIUS DAN BERBUDAYA”
MISI
1.Mewujudkan pengelolaan wisata kota yang maju, religius, tertib dan berbudaya
2.Mewujudkan kehidupan masyarakat yang berbudaya dan berkualitas
3.Mewujudkan pemerintah yang andal dan prima untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik
4.Mewujudkan kota pesisir modern, dinamis, dan berwawasan lingkungan
5.Memperkuat ekonomi kerakyatan (kreatif) yang berbasis lokal dan budaya masyarakat
Jadi poin pertama yang harus kita lakukan yaitu membuat kegiatan untuk peningkatan ekonomi secara meluas. Setiap kegiatan harus jelas urgensi/dampak yang besar, kegiatan tersebut harus jelas, harus clean and clear legalitasnya, juga harus jelas untuk apa digunakan. Uraikan kegiatan tersebut berdasarkan perioritas kebutuhannya.
Banyak hal potensi yang dapat kita kembangkan, kuncinya yaitu apa hal yang paling sangat menonjol dari desa kita, dan harus jelas dulu. Salah satunya area waterfront city yang ada di desa ini juga nantinya akan melahirkan sektor-sektor perekonomian baru.
Secara analisis ekonomi Pariaman cukup bagus, kota Pariaman terbukti sebagai kota yang tangguh membentengi diri dalam pertumbuhan ekonomi. Kita juga memiliki harapan bangkit dari dampak Covid dengan cara menonjolkan potensi yang ada di tempat kita, maka susunlah kegiatan-kegiatan yg dapat meningkatkan perekonomian masyarakat”

Musrenbang Desa Kampung Apar

 

Musrenbang Desa Kampung Apar

 

Musrenbang Desa Kampung Apar

 

Musrenbang Desa Kampung Apar

 

Musrenbang Desa Kampung Apar

 

Musrenbang Desa Kampung Apar

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply