PariamanKota.go.id,..! Kampung Apar Dalam Berita (Arsip_Desa)

Gerakan Sumbar Bersih 2019, Desa Kampung Apar Wakili Kota Pariaman

Kominfo Kota Pariaman — Desa Kampung Apar, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman mewakili Kota Pariaman dalam lomba Gerakan Sumbar Bersih (GSB) Tahun 2019 Provinsi Sumatera Barat.

GSB merupakan gerakan berskala lokal di Sumatera Barat untuk mendukung pelaksanaan UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PP No.81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

“ Ini sudah yang kedua kali Desa Kampung Apar mengikuti lomba GSB mewakili Kota Pariaman, pada Tahun 2018 kemarin Kota Pariaman berhasil meraih juara harapan satu dari 19 Kota/Kabupaten se Sumatera Barat“, ujar Kepala Desa Kampung Apar Yulianis saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (4/4/2019).

Ia mengatakan bahwa indikator penilaian ditetapkan oleh Tim Penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat dan didampingi Dinas Lingkungan hidup Kota Pariaman. Aspek penilaiannya terdiri dari titik pantau, bersih dari sampah, hijau pohon pelindung, kompos, tong sampah pilah dan biopori.

Yulianis juga mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Jelang penilaian GSB Tahun 2019 ini, kami sudah melakukan gotong royong dengan warga secara rutin setiap minggu, masyarakat juga diajak ikut membantu melakukan penghijauan dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Pada saat ini warga juga telah memiliki tempat sampah terpilih dan komposter (sebuah metode pengolahan sampah organik menjadi kompos) yang kemudian bisa digunakan sebagai pupuk.

“ Pengelolaan lingkungan di desa, mekanismenya ialah dengan pengelolaan sampah rumahtangga, sampah organik dijadikan kompos menggunakan komposter sedangkan sampah anorganik dikumpulkan menggunakan karung dan ditabung di Bank Sampah “, sambung dia.

Semoga apa yang dibuat oleh Desa Kampung Apar  ini dapat memotivasi desa lain dan semua kalangan masyarakat dalam rangka berpartisipasi dalam Upaya Penyalamatan Lingkungan. Meningkatkan kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sampah bukan berlawan, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas hidup secara ekonomis. (Win)

 

berita ini diambil dari link berikut,

https://pariamankota.go.id/berita/gerakan-sumbar-bersih-2019-desa-kampung-apar-wakili-kota-pariaman

 

nb: Arsip Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply