Pentingnya Sosialisasi&Edukasi Vaksin Covid-19

Sosialisasi&Edukasi Vaksin Covid-19
Sosialisasi&Edukasi Vaksin Covid-19
05/08/2021 Dalam rangka penanggulangan pandemi covid-19 diperlukannya pemberian pemahaman kepada masyarakat guna mencegah penyebaran wabah yang membahayakan ini. Oleh karena itu dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 melalui Dinas Kesehatan bersama kapolsek pariaman, Danramil Pariaman serta Kepala Camat Pariaman Selatan menggelar Sosialiasi & edukasi Vaksinasi Covid-19 di Desa Kampung Apar.

Pelaksanaan sosialisasi &edukasi ini dilakukan di gedung serbaguna desa Kampung Apar bersama narasumber yaitu :1. Mayor Inf Irwan T selaku Danramil Pariaman.

2. AKP Edi Karan, SH. MH selaku Kapolsek Pariaman.

3. Suryadi S,SH.MH Selaku Camat Pariaman Selatan.

4 Kepala Puskesmas Marunggi

p

Dalam sambutan pembukaan Dodi Susandra,S.Hut selaku Kepala Desa Kampung Apar menyampaikan sangat mengaharapkan sekali acara sosiliasi ini berjalan dengan lancar serta dapat memberikan kejelasan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai informasi vaksin yang selama ini telah banyak tersebar berita hoaxnya.

Dalam pembukaan sosialisasi, Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan bahwa pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 sudah resmi dimulai, sesuai dengan instruksi dan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat divaksin Covid-19 untuk pertama kalinya (13/1/21) lalu. Yang selanjutnya mulai dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga kabupatan/kota sesuai dengan penunjukan dari pemerintah pusat.

p

Dalam arahan singkat Suryadi S,SH.MH berharap sosialisasi ini tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan kepada masyarakat, tetapi harus melibatkan pihak-pihak yang terkait seperti pihak Militer, Kepolisian, pemerintahan desa dan para pihak yang memiliki keterkaitan langsung dan tidak langsung dengan masalah ini. Dengan suatu harapan dapat memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya vaksin Covid-19. “Saya berharap Adanya beberapa informasi yang mungkin masih sulit dimengerti oleh masyarakat, seperti berita hoax yang berseliuran terkait pemberian vaksin ini, Maka dari itu, perihal vaksinasi ini diharapkan terus disosialisasikan secara masif dan terus menerus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat seputar vaksin Covid-19 yang ada saat ini,” ujar Kepala Camat Pariaman Selatan.

Dalam pemaparan presentasi, pihak kesehatan telah menjelaskan terkait betapa pentingnya vaksinasi ini, sebab penerima vaksin Covid-19 ditujukan kepada orang yang belum pernah terpapar, ibu hamil& menyusui, dan anak-anak. Dan hal ini juga akan berdampak pada bagaimana  memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity atau Virus Corona. Kekebalan kelompok tersebut diperoleh dari individu-individu yang  akan  mendapatkan vaksinasi nantinya. Hal ini dilakukan untuk melindungi warga masyarakat.

Admin (FY)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply