Tingkatkan Ekonomi, Pemdes KA Gelar Pelatihan Sulaman Peniti

Tingkatkan Ekonomi, Pemdes KA Gelar Pelatihan Sulaman Peniti
Tingkatkan Ekonomi, Pemdes KA Gelar Pelatihan Sulaman Peniti

Kampung Apar – Pada saat ini kreatifitas sangat mempengaruhi ekonomi dikalangan masyarakat. Untuk mengasah keterampilan masyarakat, Pemerintahan Desa Kampung Apar menggelar Pelatihan Sulaman Peniti yang diikuti sebanyak 20 orang peserta. Pelatihan Sulaman Peniti ini dilaksanakan di gedung serbaguna,  Selasa(30/07/2019). Kegiatan Sulaman Peniti dianggarkan melalui dana desa tahun 2019 Melalui Kasi Pelayanan, Mirna Misluna. Pelatihan ini berlangsung selama 15 hari.

Sulam kepala peniti adalah salah satu sulaman dari Sumatera Barat. Sulaman ini merupakan sulaman khas Pariaman. Sulaman kepala peniti merupakan sulaman dengan tekstur menyerupai kepala jarum pentul yang berukuran kecil. Hal ini diungkapkan bunda Marlis bakar Selaku Pelatih. Sulaman kepala peniti ini mulai digalakan lagi oleh para pengrajin di Pariaman. Mereka memperoleh ilmu menyulam kepala peniti secara turun temurun.

Dalam pelatihan ini bunda Marlis Bakar memberikan pengetahuan tentang alat dan bahan yang dibutuhkan  dalam menjahit sulaman kepala peniti. Sebelum diaplikasikan pada bahan satin, peserta diajarkan melukis dan menyulam pada bahan uji coba. Untuk menghasilkan sulaman peniti yang bagus peserta harus fokus pada setiap jahitan yang dilakukan. Agar sulaman yang dihasilkan memiliki kualitas yang bernilai serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Meskipun dikerjakan dengan teknik yang tidak mudah, para peserta tersebut tidak merasa menjadi beban. Oleh Karena itu pemerintahan Desa Kampung Apar berharap kepada peserta pelatihan bisa mengaplikasikan pelatihan ini menjadi sebuah produk desa yang bisa ditawarkan ke luar dan menjadi income untuk desa dan masyarakat.(MM)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.


*